Skip to content

Species Update: Ternyata masih ada katak jenis baru di Lampung

March 10, 2010

Hari ini, Zootaxa menerbitkan satu artikel tentang temuan katak jenis baru dari Lampung. Di tengah ancaman yang sangat tinggi terhadap keberadaan keanekaragaman hayati Indonesia  akibat kerusakan lingkungan, temuan jenis baru ini memberikan secercah harapan namun sekaligus ironi.

Adalah Amir Hamidy, seorang peneliti di Museum Zoologicum Bogoriense Bogor,  Cibinong dan profesornya yang telah berhasil menemukan katak jenis baru tersebut. Artikel yang berjudul ” A new species of a blue-eyed Leptobrachium (Anura, Megophryidae) from Sumatra, Indonesia” terbit dalam jurnal ZOOTAXA 2395: 34-44 tanggal 10 Maret 2010.

Jenis yang diberi nama Leptobrachium waysepuntiense Hamidy & Matsui, 2010 ini ditemukan di Way Sepunti, Lampung.

Di tengah maraknya kerusakan dan kepunahan keanekaragaman hayati, temuan jenis baru ini selayaknya dapat membuka mata kita bagaimana keanekaragaman hayati Indonesia masih banyak yang belum terungkap. Sehingga kerusakan lingkungan yang terus terjadi berpotensi menjadi faktor kepunahan fauna yang sampai saat ini belum tereksplorasi atau bahkan terdeskripsi.

Semoga ke depan, temuan ini dapat membuka mata kita semua bagaimana kekayaan keanekaragaman hayati masih banyak yang tersembunyi di luar sana. Selain itu, peran taksonom Indonesia seperti Amir Hamidy, menjadi kunci pokok untuk mengungkap itu semua.

Maju terus taksonomi Indonesia.

* Selamat buat AMIR HAMIDY

No comments yet

Leave a comment